MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MENULIS JAWA DENGAN AKSARA MURDA (Pada Siswa Kelas XI Bangunan A SMK Negeri 1 Magelang Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019)

Muhammad Faisal Farkani

Sari


Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan prosedur pelaksanaan model cooperative learning tipe Team Assisted Individualization  untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar menulis  Jawa dengan aksara murda pada siswa kelas XI Bangunan A SMK Negeri 1 Magelang semester II tahun pelajaran 2018/2019; (2) untuk meningkatkan keaktifan belajar menulis  Jawa dengan aksara murda pada siswa kelas XI Bangunan A SMK Negeri 1 Magelang semester II tahun pelajaran 2018/2019 melalui model  cooperative learning tipe Team Assisted Individualization; (3) untuk meningkatkan hasil belajar menulis  Jawa dengan aksara murda pada siswa kelas XI Bangunan A SMK Negeri 1 Magelang semester II tahun pelajaran 2018/2019 melalui model  cooperative learning tipe Team Assisted Individualization. Jenis penelitian adalah PTK. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas XI Bangunan A SMK Negeri 1 Magelang semester II tahun pelajaran 2018/2019. Tenik pengumpulan data menggunakan: wawancara, observasi, tes, angket dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif.

Hasil penelitian menyimpulkan: (1) Pembelajaran menulis Jawa dengan aksara murda dengan TAI untuk Kelas XI Bangunan A SMKN 1  Magelang dilaksanakan hingga dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Pada pembelajaran siswa dibuat kelompok-kelompok diskusi, sehingga pembelajaran dapat meningkatkan aktifitas siswa selama mengikuti pembelajaran, karena siswa menulis Jawa dengan aksara murda, berdiskusi dengan siswa lain untuk memahami materi dan menulis aksara Jawa; (2)  Pembelajaran menulis Jawa dengan aksara murda dengan TAI dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa Kelas XI Bangunan A SMKN 1  Magelang, karena pada siklus I  jumlah siswa yang mendapat nilai keaktifan pada pembelajaran menulis Jawa dengan aksara murda  lebih besar atau sama dengan 75 berjumlah 20 siswa (66,67%), dan pada  siklus II bertambah menjadi 30 siswa (100%); (3) Pembelajaran menulis Jawa dengan aksara murda dengan TAI dapat meningkatkan prestasi siswa Kelas XI Bangunan A SMKN 1  Magelang, karena  sebelum diberikan pembelajaran menulis Jawa dengan aksara murda (pra siklus) jumlah siswa yang dapat tuntas belajar (KKM) berjumlah 10 siswa (33%). Setelah diberikan pembelajaran dengan TAI pada siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar berjumlah 21 siswa (70%) dan pada siklus II bertambah lagi menjadi 28 siswa (93%) dari seluruh jumlah siswa.

 

Kata Kunci: TAI, Keaktifan belajar, hasil belajar, menulis Jawa dengan aksara murda.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abin Syamsuddin Makmun dan Udin Syarifudin Sa’ud. 2006. Perencanaan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ahmad Rivai dan Nana Sudjana. 2007. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Akhadiah Sabarti. 2017. Menulis I. Jakarta: Depdikbud

Anita Lie. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Amin Suyitno. 2010. Pemilihan Model-model Pembelajaran dan Penerapannya di Sekolah. Jakarta: Depag.

Anton Kusumo. 2011. Penerapan Metode Kooperatif Model TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Pembelajaran Geografi SMA. Skripsi tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Arif Ismail dan Isjoni. 2008. Model-model Pembelajaran Mutakhir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Asep Jihad dan Abdul Haris. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Dalyono, M. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Henry Guntur Tarigan. `2016. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa

Made Wena. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta Timur: PT. Bumi Aksara.

Moleong, Lexy J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Muhibbin Syah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Yang Disempurnakan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution. 2008. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ngalim Purwanto. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Padmosoekotjo, S. 2013. Wewaton Panulise Basa Jawa Nganggo Aksara Jawa. Surabaya: PT. Citra Jaya Murti.

Paul Suparno. 2008. Riset Tindakan Untuk Pendidik. Jakarta : PT. Grasindo.

Robert Slavin, E. 2009. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Sardiman, A.M. 2006. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Siti Amirah Budiastuti. 2012. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share dan Team Assisted Individualization Pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Minat Belajar Matematika Siswa di Kabupaten Ponorogo Tahun Pembelajaran 2011/2012. Tesis, tidak diterbitkan, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugihartono dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono dan Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Sutopo, H.B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif : Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Suyanto dan Djihad Hisyam. 2010. Pendidikan Di Indonesia Memasuki Millenium III.Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Sarwiji Suwandi, dan Ekosusilo. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Modul Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG). Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.

Syaiful Sagala. 2010. Supervisi Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.

_____________. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.