ANALISIS EKONOMI KAMBING ETAWA POLA GADUHAN : STUDI KASUS DI DESA SUKOMULYO, KECAMATAN KAJORAN, KABUPATEN MAGELANG

Miftahudin Miftahudin

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keuntungan objektif dari peternakan sistem gaduhan dan untuk menganalisis kontribusi peternakan sistem gaduh terhadap pendapatan rumah tangga petani. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kuantitatif dengan menggunakan data primer berupa hasil wawancara dan juga menggunakan data sekunder yang diambil dari dinas terjkait. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2020 bulan Maret sampai Juni. Berlokasi di Desa Sukomulyo, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. Lokasi penelitian ini dipilih karena terdapat beberapa kelompok tani yang mendapat bantuan pemerintah untuk pengembangan petertakan rakyat pada tahun 2008 lalu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keuntungan peternak kambing Etawa di di Desa Sukomulyo Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang dengan pola gaduhan adalah sebesar Rp 1.629.926,5/ekor/tahun.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agung K.S, Djaelani S, dan Rini W. (2009). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Proyek Gaduhan Sapi Potong Di Kecamatan Oba Tengah Dan Oba Utara, Tidore Kepulauan, Maluku Utara. Buletin Peternakan Vol. 33(1): 40-48, Fakultas Peternakan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Hastang. (2007). Analisis Pendapatan Usaha Budidaya Sapi Potong di Kecamatan Libureng Kabupaten Bone.Jurnal Agribisnis.Vol VI (2), Juni 2007.

Wrihatnolo, R. R., dan Dwidjowijoto, R. N. (2007). Manajemen Pemberdayaan. Sebuah Pengantar dan Panduan untuk Pemberdayaan Masyarakat. Gramedia. Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.